-->

Notification

×

iklan

logog

Iklan

logog

Jelang Harkopnas ke-77, Ketua KMM Gelorakan Semangat Transformasi Koperasi

Senin, 08 Juli 2024 | 11.27 WIB Last Updated 2024-07-08T16:07:25Z
Ketua KMM, Drs Tumbur Naibaho MM menyampaikan selamat memperingati Hari Koperasi Nasional ke-77 tahun.
Bekasi(DN)
Setiap tanggal 12 Juli masyarakat Indonesia memperingati Hari Koperasi Indonesia. Tujuan peringatan ini guna mengingatkan pemerintah dan masyarakat untuk senantiasa menghidupkan koperasi sebagai jalan demi mewujudkan kesejahteraan bersama.

Pada tahun 2024 ini peringatan Hari Koperasi adalah yang ke-77. Untuk menyongsong peringatan Hari Koperasi tersebut, salah satu koperasi nasional, Koperasi Makmur Mandiri (KMM) melalui ketuanya, Drs Tumbur Naibaho MM mengharapkan gerakan koperasi semakin memberikan kemanfaatan bagi peningkatan kesejahteraan dan ekonomi bagi seluruh anggota koperasi, dan masyarakat pada umumnya.

"Sebagai pilar ekonomi kerakyatan yang menjadi salah satu prasyarat bagi terwujudnya kemandirian dan kedaulatan bangsa, koperasi diharapkan dengan filosofi kegotong royongannya mampu mengungkit dan mewujudkan kesejahteraan bagi anggotanya," ujar Ketua KMM, Drs Tumbur Naibaho MM, Senin, 8 Juli 2024.
KMM mengucapkan selamat Hari Koperasi Indonesia.
Dikatakan suami Jusniar Simbolon itu, usia 77 tahun adalah usia yang sudah cukup panjang. Ditengah fenomena globalisasi membutuhkan transformasi ekonomi modern. Koperasi harus benar-benar mau berubah dari tata kelola konvensional menjadi berorientasi modern tanpa kehilangan jati diri.

Menurutnya, perubahan adalah sebuah keniscayaan, sehingga upaya-upaya kreatif tentang transformasi perkoperasian terus digalakkan koperasi yang ia pimpin, Koperasi Makmur Mandiri (KMM), diusianya yang baru merayakan ulang tahun ke 15 tahun.

Hal ini dibuktikan, dimana sejak beroperasi pada 2009, kinerja KMM terus tumbuh dengan pencapaian aset, simpanan, jumlah anggota maupun permodalan yang terus meningkat. Tahun 2024 ini KMM menargetkan pencapaian aset sebesar Rp1,8 triliun, simpanan Rp925 miliar, SHU Rp30 miliar dan anggota 120 ribu orang.
Inovasi digital KMM, Makmur Mandiri Mobile.
Dari 188 kantor cabang KMM yang tersebar di 25 propinsi, yang sudah beroperasi saat ini sebanyak 126 cabang sudah menghasilkan SHU positif, bahkan 54 manager mampu mencatat SHU di atas Rp500 juta hingga Rp2,3 miliar.

Tumbur menambahkan, KMM juga adaptif dengan perkembangan teknologi digital. Ini dibuktikan dengan implementasi Makmur Mandiri Mobile yang memudahkan anggota dalam melakukan transaksi seperti cek jumlah simpanan, pinjaman dan transfer antar anggota.

“Sejak kami menggunakan Makmur mandiri mobile, kerja para pengelola cukup tertolong, karena komunikasi dengan anggota tidak harus melalui tatap muka. Cukup dengan handphone di tangan saja lalu lintas transaksi bisa berlangsung,” ujar Tumbur.

Tak sampai disitu, jika ingin besar, KMM harus hadir di semua tempat ditengah masyarakat Indonesia. "Karena itu, tahun ini kami targetkan untuk menambah 7 kantor cabang lagi, sehingga jumlahnya menjadi 195 kantor cabang tersebar di 26 provinsi,” ujar Putra 12 bersaudara tersebut.
Mari bergabung bersama KMM.
Kedepannya, KMM juga terus berupaya mengembangkan usaha koperasi agar semakin banyak anggota yang terbantu. Terlebih dalam kondisi ekonomi yang tetap positif potensi KMM untuk semakin maju terbuka lebar.

"Selamat Hari Koperasi Nasional ke-77 tahun. Semoga koperasi di Indonesia semakin bertumbuh sebagai pilar penting dalam perekonomian Indonesia, sesuai dengan semangat Koperasi Maju, Indonesia Maju, dengan tema "NKRI dan Semangat Ekonomi Kerakyatan dalam Perkoperasian," pungkasnya.

Adapun peringatan Harkopnas ke-77 tahun 2024 ini, Kota Batam, Kepulauan Riau, dipilih sebagai tuan rumah pada tanggal 12 hingga 14 Juli 2024. Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo dan Presiden terpilih, Prabowo Subianto dijadwalkan bakal menghadiri acara tersebut.(SBS).
×
Berita Terbaru Update