-->

Notification

×

iklan

logog

Iklan

logog

Bupati Samosir, Vandiko Gultom Tanam Bawang Bersama Kelompok Tani Dosniroha

Senin, 22 Juli 2024 | 16.34 WIB Last Updated 2024-07-22T23:37:11Z
Bupati Samosir menanam bawang merah bersama masyarakat.
Samosir(DN)
Bupati Samosir Vandiko T. Gultom melakukan penanaman bawang merah bersama  Kelompok Tani Dosniroha Desa Sitoluhuta-Pangururan, 22/07.

Bersumber dari APBD, Bupati Samosir membantu bibit bawang merah varietas tajuk kepada kelompok tani Dosniroha sebanyak  500 kg yang akan ditanam pada lahan seluas 15 rante.

Dengan ketersediaan sumber air yang dekat dan pendampingan tenaga penyuluh diharapkan akan menghasilkan panen sampai 5 ton. Selain bibit, Pemkab Samosir juga menyediakan pupuk organik untuk kebutuhan tanaman bawang. 

Bupati Samosir Vandiko T. Gultom yang terlihat dekat dengan petani mengaku bahagia berada ditengah masyarakat, bisa bersama-sama menanam bawang, duduk bersama dan akrab dengan petani.

"Saya merasa berbahagia hadir disini dan sudah kewajiban kami hadir ditengah masyarakat. Masyarakat menginginkan kehadiran pemerintah dan kami hadir untuk berguna ditengah masyarakat," kata Vandiko.

"Pupuk sudah diberikan bibit sudah diberikan, sumber air dekat, tolong ditanam sebaik mungkin. Agar maksimal akan didampingi penyuluh. Tolong dimanfaat dengan baik agar keberadaan kami betul-betul dirasakan masyarakat," tambahnya.

Diakhir bincang-bincang dengan petani, Bupati Samosir menitip pesan agar bibit dibagi rata dan sesama anggota kelompok untuk saling tolong-menolong dan bergotong royong serta tidak membakar lahan demi menjaga kesuburan tanah dan menjaga kondisi pariwisata Samosir yang semakin menggeliat. 

"Setelah selesai panen tolong agar lahan jangan dibakar, apalagi Samosir masuk dalam kawasan pariwisata terfavorit di Sumut, orang dari nasional dan luar negeri datang melihat alam dan budaya kita. Pariwisata dan pertanian saling ketergantungan kalau membakar lahan akan menyebabkan citra negatif kepada pariwisata," tegas Vandiko menutup
 
Ketua Kelompok Tani Dosniroha, Arnol Hujogo Sitanggang mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan. Ia mengharapkan lebih banyak bantuan untuk melanjutkan kehidupan para petani.

Sementara itu, untuk mendukung petani, Kepala Desa Sitoluhuta, Idris Sitanggang mengatakan dari anggaran desa sudah terpasang pipa pada 3 titik lahan dan selanjutnya akan memanfaatkan air dari danau toba guna pengairan pertanian.

Kendati demikian, ia berharap Bupati Samosir tetap memberikan perhatian baik berupa bibit maupun alsintan, dan juga perhatian untuk melanjutkan pembangunan kantor desa. "Kiranya pak Bupati membantu tetap masyarakat berupa bibit dan alat pertanian. Mudah-mudahan dengan hadirnya pak Bupati akan membawa banyak bantuan," kata Idris.(Infosamosir).
×
Berita Terbaru Update