-->

Notification

×

iklan

logog

Iklan

logog

BUMDesma Marsada Tahi Kecamatan Pangururan Resmi Diluncurkan

Rabu, 31 Juli 2024 | 18.38 WIB Last Updated 2024-07-31T13:44:22Z
Bupati Samosir, Vandiko Timotius Gultom ST melakukan pengguntingan pita, sebagai tanda diluncurkannya BUMDesma Marsada Tahi Kecamatan Pangururan.
Samosir(DN)
Bupati Samosir, Vandiko Timotius Gultom ST secara resmi meluncurkan Badan Usaha Milik Desa Bersama (Bumdesma) Marsada Tahi Kecamatan Pangururan, Eks PNPM, Rabu, 31/7, di Jalan Raya Pangururan-Simanindo, Desa Sianting-anting, Kecamatan Pangururan.

Launching ditandai dengan pengguntingan pita dan penyerahan SK Kemenhumkam No. AHU-00102.AH.01.35 Tahun 2024 oleh Bupati Samosir, Vandiko Timotius Gultom ST kepada Direktur Utama BUMDesma Marsada Tahi, Perawati Sitanggang.

Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom, ST mengapresiasi berdirinya BUMDesma Marsada Tahi yang merupakan pertama di Kabupaten Samosir. Vandiko berharap kehadiran BUMDesma Marsada Tahi ini dapat terus berkembang dan menjadi motivasi untuk kecamatan-kecamatan lain di Kabupaten Samosir.
Penyerahan SK pendirian oleh Bupati Samosir kepada direktur BUMDesma Marsada Tahi.
"Kiranya manajemen BUMDesma Marsada Tahi ini mengedepankan aturan, transparansi dan profesionalisme. Juga senantiasa membangun sinergitas dan kemitraan dengan semua pihak, termasuk sektor swasta agar mau berinvestasi di BUMDesma ini," tuturnya.

Sebelumnya, Ketua Dewan Penasehat BUMDesma Marsada Tahi, Ihut Irensus Malau menjelaskan, lahirnya PP No. 11 Tahun 2021 tentang BUMDes dan Permendesa PDTT No. 15 Tahun 2021 merupakan cikal bakal dibentuknya BUMDesma ini. Regulasi tersebut mengamanatkan bahwa pengelola kegiatan dana bergulir masyarakat eks Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan WAJIB dibentuk menjadi BUMDesa bersama.

"Kami dengan sigap menanggapi aturan tersebut, dan melalui Musyawarah Antar Desa di Kecamatan Pangururan, kami sepakat untuk membentuk BUMDesma Marsada Tahi," katanya.

Dijelaskan, saat ini BUMDesma Marsada Tahi masih memiliki 2 unit usaha, yakni Unit Dana Bergulir Masyarakat (DBM) Simpan Pinjam Perempuan dan unit Pertanian dan Perdagangan.
Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom ST berphoto bersama pengurus BUMDesma Marsada Tahi Kecamatan Pangururan.
Camat Pangururan Robintang Naibaho berharap dukungan dari Pemerintah Kabupaten Samosir agar BUMDesma ini dapat berjalan dan berkembang. "Ini merupakan semangat kami dalam menggerakkan perekonomian melalui gerakan akar rumput dalam membangun Samosir. Doa kami semoga BUMDesma ini dapat berkembang kedepan," kata Robintang.

Anggota Komisi I DPRD Samosir, Polten Simbolon berharap kehadiran BUMDesma Marsada Tahi dapat menggerakkan pemulihan ekonomi masyarakat pasca pandemi Covid-19.

"Dari sisi anggaran dan regulasi penyertaan modal, kami akan duduk bersama dengan eksekutif, dan ini akan menjadi salah satu skala prioritas kami," ujar Polten Simbolon.

Terpisah, Direktur BUMDesma Marsada Tahi, Perawati Sitanggang mengucapkan terima kasih atas dukungan semua pihak. "Kami mohon doanya, agar dapat menjalankan amanah ini dengan baik kedepannya,” pungkasnya.(SBS).
×
Berita Terbaru Update