-->

Notification

×

iklan

logog

Iklan

logog

Gempa Bermagnitudo 3.8 Guncang Samosir

Minggu, 23 Juni 2024 | 00.51 WIB Last Updated 2024-06-23T02:53:03Z
Gempa Bermagnitudo 3.8 guncang sebagian besar kawasan Kabupaten Samosir.(BMKG).
Samosir(DN)
Gempa bumi berkekuatan 3,8 Magnitudo mengguncang wilayah Samosir, Sumatera Utara pada Minggu dini hari (23/6/2024) sekira pukul 00.03 Wib.

Sesuai waktu berita ini diturunkan, ini merupakan gempa kelima dimana awal gempa terjadi pada pukul 23.34, Sabtu malam, 22/6 dengan kekuatan sekira 1,8 Magnitudo dan terjadi kembali pada pukul 23.52 dengan kekuatan 2,7 Magnitudo.

Empat menit berselang, gempa bermagnitudo 2,3 kembali mengguncang. Semenit kemudian giliran gempa 2,4 mangnitudo yang menggoyang sebagian besar kawasan Kabupaten Samosir.

Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini berkekuatan M 3.8. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 2.58° LU dan 98.66° BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 6 km Barat Daya Samosir, dengan kedalaman 1 km.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas Sesar Besar Sumatra pada segmen Renun," tulis Kepala Balai Besar MKG Wilayah I, Hendro Nugroho, ST, M.Si dalam keterangan tertulisnya.

Dirinya menghimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), telegram channel (https://t.me/InaTEWS_BMKG) atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg.(red).
×
Berita Terbaru Update